serial Najwa – bab1

1

Pagi ini perutku kenyang. Makan roti bakar rasa cokelat hazelnut dan teh hangat buatan Ummi. Oh iya, namaku Najwa El Fatha. Nama panjangnya Najwa Annida El Fatha. Ini novel perdanaku. Setelah berkali- kali nulis novel gak pernah selesai. Heu!

Hufftt… akhirnya kuputuskan ini novel pertamaku. Semuanya sesuai dengan kehidupanku. Dijamin seru!

 

Mas Tha cemberut melihatku untuk yang kesekian kalinya dimanjakan Ummi.“ yeee… udah gede masih aja dimanjain…”

“ hahaa… biariiinn… bilang aja iri mas,” goda ku.

“ lagian kamu aneh aja, Tha. Gak apa- apa ‘kan Wa di manjain. Kamu juga dulu sering,” sambung Ummi sambil mengoleskan selai cokelat hazelnut kesukaanku.

“ haahaaa, emang enak! Wlee…” sekali lagi aku menggodanya. Senang euy!

“ aahh… iya deh, Tha kalah. Umm… Wa, udah belum makannya? Lama amat? Udah agak siang nih. Berangkat yuk!” ajak Mas Tha yang sudah mulai beranjak dan mencium tangan Ummi. Aku gak mau kalah. Kucium juga tangan Ummi yang lembut itu, kemudian kami berdua pamit.

“ assalamu’alaikum !”

 

Haaaa… senaaaaaaaang! Yoa, hari pertama aku masuk kuliah. Selama seminggu menjalani OSPEK, akhirnya udah bisa memasuki dunia baruuu!! Yeahahahaa…

“ Wa, yang bener dong pegangannya! Jatuh nanti!” omel Mas Tha. Ya iyalah, gimana gak mau ngomel, aku goyang- goyang gak sabar di atas motor. Hehe…

“ iya afwaaaann…” ucapku sambil nyengir.

“ nanti kalau sudah sampai di kampus jangan sok kenal yaa! Awas aja ngaku- ngaku adik Mas Tha, entar reputasi Mas jatoh gedubrak!” canda nya.

“ haha… ogah amat. Emang reputasinya apa sih? Paling- paling, kenalannya cuma satpam gedung. Hehe…” balasku.

“ waaahh… enak aja. Gini- gini ketua organisasi niihh… oh iya, nanti kamu ikut organisasi Mas yaa… awas aja ngga ikut! Nih!” ucap mas Tha lagi sambil mengepalkan tangan kirinya.

“ tadii, ga mau ngakuin aku adiknya Mas Tha, sekarang di suruh ikut organisasi, gimana sih?”

“ yaa… nanti kamu munculnya di saat waktu yang tepat,”

“ emang sekarang belum tepat?”

“ ya ngga tepat laaaahh… ‘kan lagi di motor, mau ngenalinnye gimane neng?”

“ hee… oh iya. Cepetan maaass… lama neh!”

“ bawel,”

Zzznggg… motor melaju smakin cepat.

*****

Fiuuhh… akhirnya sampai juga di depan kelas. Waaaahh… Ternyata aku bisa kuliah di tempat macam begini. Hebaaaatt…! Dengan agak malu, aku memasuki kelas dengan jurusan Komunikasi- Jurnal Siar. Haha… Subhanallah ya, seorang Najwa, anak keturunan Jawa- Betawi, yang lahir tanggal 18 November 1994, bisa masuk tempat perkuliahan tertinggi di Indonesia! Weew… mimpi apa sih aku, minggu kemaren? Hehe…

“ najwaaa…!!” aku menoleh ke belakang. Anggi, Dhea, Indah. That’s right! Mereka teman- teman baruku di kelas ini.

“ haii…” aku langsung cipika- cipiki ketika mereka sudah berada di sampingku. “ kok baru datang?”

“ haaa… iya nih, tadi agak macet di Jagorawi. Jadi sedikit telat dehh…” Dhea nyengir. Kami bertiga mengangguk. “ oh iya, hari ini kalian ada jadwal ga, habis kelas terakhir?”

“ ga ada. kenapa?” Tanya Anggi.

“ gue minta anterin nyari Kost-an,”

“ di kost-an aku aja. Masih ada yang kosong tuh,” jawab Indah.

“ ada berapa dah?” Tanya Anggi.

“ masih ada empat sih. Kenapa emang?”

“ gua juga nyari kost- an. Abis gua capek kalo mesti bolak- balik. Belom lagi nyampe rumah dah malem ajeh.”

“ ya udah. Ngomongin kost-an mah entar aja. Sekarang masuk yuk. Dah mau mulai tuh pelajaran pertama. Asik asik…” cuapku sambil nyengir gak sabar.

“ yuuu…”

*****

Jelas saja. Kelas ramai. Masih suasana SMA. Anak- anaknya masih pada ribut. Padahal mah satu kelas pas OSPEK juga. Tapi kaya pada baru kenal. Masih salam- salaman. Sejam dosen belom ada yang masuk. Kayaknya mah masih ada meeting- meeting gituu.. nah kesempatan ini digunakan dengan sangat baik oleh anak- anak jurusan psikologi angkatan baru ini. Ada yang bercengkrama bareng pake bahasa korea, jepang, inggris. Sunda pun ade! Ceuk- ceukan eta, abdi teu ngartos deuh. Hehe… untuk kali ini, aku lebih memfokuskan pada 3 orang kawan baru ini. Dhea, Anggi, dan Indah.

“ eh, eh, kita kan baru kenal ya, seminggu yang lalu. Gimana kalo kita bikin geng?” tanya Dhea yang memulai percakapan.

“ ieh. Geng- geng an. Ntar dikiranya geng nero! Hehe,” cuap Anggi yang lagi serius sama psp nya.

“ yee… kan slama gak nonjok- nonjokin pohon toge mah, kagak ngapeh! Hihi..” celetukku.

“ haha… apaan nyambungnya geng nero ama pohon toge?” Tanya Indah yang diam- diam tapi koplak.

“ gak usah pake geng- gengan deh. Kayak apaan aja,” ucapku.

“ yaaa… kan biar lebih solid aja, Wa,” Dhea mengangkat bau. Eh bahu maksudnya.

“ eumm… kalo gue usulin gimana kalo tim aja? Namanya diambil dari inisial nama ( boros banget). gimana?” tanya Anggi yang langsung mematikan PSPnya.

“ coba bentar, ehmm… N-I-D-A, NIDA? Cakep tuh!” teriak Indah sampe sekelas denger. Hehe…

“ ieh, jangan ah. terlalu girly. Gak suka ah. ehmm… gimana kalo DIAN?”

“ kenapa Dhe?”

“ hee???” nah lo, yang namanya Dian nengok. “ eee… enggak kok An, iseng aja. Mau ngetes kuping lo. Masih normal gak? Hehe,”

“ ah… gue kira apa…”

“ sorry,” Dhea menggaruk kepalanya yang keliatannya sanggat gaattaall…  ieh, jadi pengen ikutan ngegaruk. Hehe…

“ haduuhh… nyari nama aja susah. IDAN?” teriak Anggi.

“ kok lo kenal ama cowok gue, Nggi?” teriak seorang gadis dari ujung kelas dan kelihatannya ia mendekati kami dengan sangar. Ow ow ow…

“ BRAAKKKK…!” dia nge gebrak meja! Ckckckk.. gadis dengan tenaga super!

“ hee?” Anggi melongo dengan tampang tak berdosanya. “ kenape lu? Dateng- dateng gebrak muka eh meja orang?”

“ halaaahh… jangan belaga gak tau lu! Nyebut- nyebut cowok gue!” cuap si gadis.

“ haaa…??! Cowok ape?” si Anggi sebenernya beneran gak tau apa emang gak tau? Hehee.. sama aja yah?

“ itu tadi, nyebut- nyebut IDAN?”

“ ooooo…. IDAN? Lhaaa… gue kenal juga kagak!”

“ terus ngapain lu nyebut nama dia? HAA??”

“ gileeehh… bau, napas lu!” cuap Anggi sambil menutup hidungnya. Astaghfirullah… anggiiiii…. Blo’on amat sih ni orang. “ kalo masalah IDAN, GUE LAGI NYARI NAMA GENG! TAU LU?”

Si gadis langsung diem. Ciut menatap Anggi ( ciyeee…). Dengan sesekali bernapas kaya orang sesak, kemudian gadis itu,

“ haaaaaa……!!!!” teriak dan nangiss! Weeew… lari keluar kelas. Glek! Maksudnya? Ini sebenernya cerita apaan sih? Ngaco amat dah.

“ gak jelas dasar,” Anggi kembali duduk santai. Back to her PSP.

Dengan tampang kebingungan karena gak tau sebenernya ini cerita apa (hoho), seluruh anak kelas ikutan duduk. Et dahh… latah amat yak!

Baliiikk…

“ aduuh, masya Allah. Gara- gara nyari nama geng aja, bahkan sampe ada korban penetesan airmata. Hihi… kenapa gak 3ADI aja sih? Ribet amat?” ujarku sabil membuka tutup botol minum.

“ APPAAAA…????”

Aku menyipitkan mata dan reflek menutup telinga. “ masya Allah. Kalian tuh, cewek apa cowok sih? Suara menggelegar gitu. Ehm ralat, kecuali Indah… hehe”

“ kenapa lu bisa mencetuskan nama itu? Kan gada inisial nama lu, Wa,” cuap Anggi.

“ terus kenapa ada 3 nya? Gak nyambung amat,” tambah Dhea.

“ wowowowooo… yaa… ADI nya itu kalian. Karena kalian bertiga jadinya 3,” jawabku santai.

“ haa…? Elu?” tanya Anggi penasaran dengan nama 3ADI itu.

“ ya, 3nya aku. Aku bagaikan penyatu kalian…”

BLETAKK…

“ awww…” ringis ku.

“ pengen banget dibilang penyatu…” ujar Dhea sambil geleng- geleng kepala.

“ ya ampun, kalian jahat banget sih. Temen paling kecil gini, masih juga disiksa, hihi,” bela Indah yang ternyata meledekku. Huuuu…

“ tapi, lumayan keren tuh nama. 3ADI. Pasti orang bakal bertanya- yanya. Dan kita bakal terkenal satu pakultas. Hhohohoo…”

BLETAKKK…

“ awww…” Anggi meringis. oh, jadi yang ngegetok aku dan Anggi itu si Dhea. Sial!

“ enak aja terkenal sepakultas. Sekampuss… hahaha… cadazzz….” cuap Dhea sambil ber-haha ria. Najong dah.

“ ya udah, sepakat yah, 3ADI?” Tanya Indah.

Aku, Dhea dan Anggi mengangguk. “ SETUJU!”

 

Dan pada akhirnya, gak ada dosen yang masuk. Ya Allah, hari pertama saja sudah dibuat menganggur. Huuu… payah!

Selesai bincang- bincang menunggu dosen yang tak kunjung datang, dari kami banyak yang keluar kelas. karena sehabis ini ndak ada mata kuliah lagi. Aku pun pamit lebih awal pada 3ADI karena sudah ditunggu Mas Tha di depan gerbang fakultas.

“ lama amat sih, dek!” cetus Mas Tha.

yeee… sabar dong, mas” aku manyun. Baru saja mau menaruh kaki di pijakan..

Brrmmm…

“ eeee….” Motornya jalan! “ Mass Thaaa..!! Masya Alloh dah, Wa ditinggalin”. Motor berhenti. Pengendaranya menengok ke belakang. Memutar balik.

“ oohh… belum naik dek?” Tanya Mas Tha layaknya tak punya dosa.

“ ya Allah, masa gak liat Wa mau naik. Nginjak juga belum,” aku makin manyun.

“ haahaa.. maaf neng, habis lama banget. Ya udah cepetan naik,” baru deh aku naik ke motor. Dan pergilah.

 

Sampailah kita di markaz. Kirain mah jauh. Ternyata jalan kaki juga nyampe. Dan disinilah aku diperkenalkan oleh Mas Tha kepada teman- teman organisasinya. Dari yang akhwat sampe yang ikhwan. Tapi tak semuanya diperkenalkan padaku. Karena masih ada yang tak hadir. Sudah, aku hanya diam karena dikacangin. Heu! Sendirian. Layaknya seekor anak ayam kehilangan induknya. Akhirnya kakakku dan kawan- kawan selesai ngobrol. Aku pun kelaparan. Mau makaaaann..

“ di KanCil aja yuk dek. Enak murah juga. Ada bento loh!” semangat Mas Tha promosi.

“ iyaa..? huaa… mauu…” aku juga ikutan seru. Biar senanglah. Hehe…

Kami pun sampai di KanCil. Kantin Cikologi. Maksudnya punya fakultas Psikologi. Kan di sini namanya aneh- aneh. Aku dan Mas Tha mencari tempat duduk yang peewee. Baru saja mau duduk,

“ Wawaaaaa….!!”

Glek..! 3ADI!

“ heyyy…” aku melambaikan tangan pada gank baru itu.

“ mau makan juga Wa?” Tanya indah mempersilakanku ‘tuk duduk. Kayaknya, aku dan Mas Tha deh, yang mau makan duluan?

“ iya laah.. ngapain lagi? Mau cari sendok semen?” 3ADI nyengir. “ gini aja deh, kalian ‘kan maba. Bagaimana kalau kalian traktir Mas?” tanya si Mas SKSD dan 3ADI menganga.

“ astaghfirullah… belum pada kenal ya?” aku menepuk kening. 3ADI mengangguk bingung. “ hehe.. beliau ini kakakku. Perkenalkan teman- teman, beliau ini namanya Mas Tha,” Mas Tha langsung tersenyum sok ‘iye’.

“ oooo… aku Anggi!”

“ aku Dhea!”

“ saya Indah,”

“ saya abangnya Wa,”

?

Semuanya diam. Lalu tertawa. Walau perkenalan singkat yang rada aneh ini berlalu, tapi Mas Tha dan 3ADI langsung akrab saja. Seperti kenal beberapa tahun yang lalu.

Selesai makan, jarum pendek di jam tanganku sudah menunjukkan pukul 12:32. Waahh… kita belum shalat. Shalat dulu ya. Setelah pamitan pada 3ADI, aku dan Mas Tha menuju masjid dan sekalian pulang ke rumah. 🙂

Tinggalkan komentar